Thursday 12 February 2015

Sofware PDF Reader Yang Bagus

best PDF Reader
Sumatra PDF
Sofware PDF Reader Yang Bagus



Jadi waktu itu laptop saya habis ganti harddisk karena harddisk yang lama rusak tapi untung masih bisa diselamatkan data-datanya. Selesai diganti, tentu saja software-software yang sudah diinstall di dalamnya hilang semua,  termasuk software pembaca dokumen PDF. Nah.. saat itu saya berpikir mencari software pdf reader yang ringan dan kinerjanya bagus. 

Sebelumnya saya pakai Adobe PDF, trus pernah juga pakai Foxit Reader. Rasanya kurang enak saja memakai kedua aplikasi pdf reader tersebut. Entah itu laptop saya yang lemot atau memang program pdfnya yang berat. Setelah browsing-browsing aplikasi pembaca PDF terbaik, akhirnya saya menemukan Sumatra PDF. Agak takjub juga saya karena namanya pakai Sumatra, apakah ini yang buat orang Indonesia? setelah saya liat websitenya ternyata tidak. Mungkin orang yang buat Sumatra PDF ini cinta Indonesia, :).

Sumatra PDF ini ringan, file downloadnya juga kecil, sekitar 4,3 MB. Kemudian juga ada versi portabelnya. Pada keterangannya disebutkan aplikasi ini powerful, small, portable and starts up very fast. Software pembaca PDF ini sudah dilaunching sejak 2006 dan sekarang sudah versi ke 3.0. Yang paling penting dari semuanya adalah software ini gratis. Link downloadnya disini

Dibandingkan dengan Adobe Reader dan Foxit Reader, Sumatra PDF ini jauh lebih kecil ukurannya. Adobe ukuran file downloadnya sekitar 70 MB dan Foxit sekitar 34 MB. Menurut saya Sumatra PDF cocok bagi kebutuhan saya untuk membaca PDF. Tampilannya bagus, cepat, ringan dan mudah. Mau baca jurnal, buku, majalah semuanya OK. Kemudian ternyata Sumatra PDF ini juga bisa membaca ebook berformat  ePub, MOBI, CHM, XPS, DjVu, CBZ, dan CBR. Ini saya baru tahu, walaupun sudah lama pakai Sumatra PDF. Waktu itu saya baru beli NOOK dan saya lagi semangat-semangatnya mencari buku dan novel buat dibaca di NOOK. Setelah di download dan sebelum dipindahkan ke NOOK, ebook-ebook itu mau saya preview dulu mana yang bagus atau nggak. Saya bingung mencari software apa yang digunakan untuk membaca ebook berformat epub di windows. Setelah googling akhirnya saya instal Calibre, NOOK for windows dari Barnes and Noble serta Kindle for PC. Calibre selain buat baca ebook juga berguna untuk mengconvert format ebook. Tapi tampilan buat bacanya agak kurang bagus. Secara tidak sengaja saya coba buka ebook berformat epub dengan Sumatra PDF. Eeehh... ternyata bisa dan lancar hehe... Padahal di keterangan website downloadnya Sumatra PDF udah disebutkan bisa membaca epub, saya aja yang gak liat hahaha...
Anyway, demikianlah software PDF reader yang baik menurut saya, penilaian bisa saja berbeda tergantung kondisi laptop dan kebutuhan masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar