Wednesday 18 February 2015

Cara Canggih Beri Makan Ikan

Cara Canggih Beri Makan Ikan

Halo teman-teman, bapak-bapak, ibu-ibu, om-om, dan tante-tante semuanya. Jumpa lagi dalam tulisan saya, kali ini topik yang kita bahas adalah tentang cara canggih memberi makan ikan yang dipelihara di kolam atau tambak. Selama ini kita mengetahui cara memberi makan ikan adalah dengan menaburkan pakan ikan berupa pelet langsung ke dalam kolam atau tambak. Sekarang sudah ada software canggih lengkap dengan alat pemberi ikan otomatis. Nama alat tersebut adalah eFishery. Saya mengetahui informasi ini ketika membaca sebuah majalah dan saya merasa takjub juga dengan teknologinya.
alat pemberi pakan ikan otomatis
image | efishery.com

EFishery merupakan alat pemberi pakan ikan secara otomatis. Alat ini bisa memberi makan ikan secara terjadwal dan juga bisa menaburkan pakan ikan dengan takaran yang tepat. Selain itu, eFishery juga bisa merekam data pemberian makan ikan secara real-time. Pemilik tambak bisa mengakses data-data pemberian makan ikan lewat smartphone atau tablet. Dengan menggunakan eFishery, teman-teman, bapak-bapak, ibu-ibu, om-om, dan tante-tante semuanya yang berprofesi sebagai peternak ikan atau mungkin tertarik dengan bisnis tambak ikan bisa lebih efektif dan efisien dalam mengelola tambak ikannya.

Alat ini dirancang oleh Gibran Chuzaefah Amsi, seorang pemuda lulusan Institut Teknologi Bandung. Gibran membuat alat pemberi makan ikan otomatis ini setelah melihat kenyataan permasalahan di lapangan yang dihadapi oleh peternak ikan. Masalah yang ditemukan Gibran saat itu adalah tingginya biaya pemberian pakan ikan sehingga berimbas kepada tingginya biaya produksi. Ia melihatnya sebagai peluang bisnis. Kemudian Gibran merancang dan mengembangkan alat pemberian pakan ikan otomatis untuk mengatasi masalah tersebut. EFishery dijual seharga 7-9 juta rupiah dan saat ini Gibran dengan perusahaannya PT. Multidaya Teknologi Nusantara sudah menjual lebih dari 150 unit. Menurut keterangan di website resminya, http://www.efishery.com/, alat ini bisa digunakan untuk bermacam-macam jenis ikan, baik di air tawar ataupun di laut. Untuk udang juga bisa.

EFishery memiliki beberapa fitur, yang pertama adalah smart feeder, yaitu memberi makan ikan dengan dosis yang pas sesuai kebutuhan dan dengan jadwal yang teratur. Fitur kedua adalah real-time monitoring, yaitu menampilkan laporan pemberian makan ikan secara langsung yang dapat diakses melalui gadget. Fitur ketiga adalah easy to use, eFishery memiliki pengaturan yang mudah dan user friendly. Disamping fitur-fitur unggulan tersebut, eFishery ini juga memiliki prestasi, tepatnya  memenangkan sebuah kompetisi bisnis senilai 1,2 milyar rupiah pada Februari 2015 ini.

Baiklah, demikian informasi tentang cara canggih memberi makan ikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di post berikutnya. :) 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar