Wednesday 18 February 2015

Sumber dan Ide Bahan Ajar Bahasa Inggris

Sumber dan Ide Bahan Ajar Bahasa Inggris

Hello, brothers and sisters. Ketemu lagi dengan saya dalam tulisan kali ini yang menceritakan tentang sebuah website buat mencari ide, sumber dan bahan ajar bahasa Inggris. Ya... topik kali ini agak khusus tentang bahasa Inggris gara-gara beberapa hari yang lalu ketika belajar bahasa Inggris di kantor, gurunya itu menggunakan bahan dari website tersebut. Karena menurut saya pelajarannya menarik, saya kunjungi website tersebut untuk melihat-lihat. Alamat websitenya dalah http://www.teach-this.com/. Sesuai dengan namanya, teach-this (ajarkan ini) website ini memuat teaching activities, worksheet, games dan lessons ESL (English as Second Language) dan EFL (English as Foreign Language) yang bisa di download gratis.

ide mengajar bahasa inggris
image | teach-this.com
Teach-this.com didirikan  oleh Paul Adams dengan tujuan supaya pengajar bahasa Inggris bisa mendapatkan  ESL/EFL teaching activities, lessons, worksheets, articles, games dan ide secara gratis. Mr. Adams berharap dengan website ini baik pengajar pemula maupun pengajar yang sudah berpengalaman bisa meningkatkan pengetahuan mereka. Website teach-this.com menyediakan bahan ajar bahasa Inggris untuk segala usia dan semua level. Di sana juga disediakan berbagai macam permainan dan teaching ideas yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pengajaran bahasa Inggris. Paul Adams juga mengajak para pengajar bahasa Inggris untuk berbagi ide, bahan ajar atau hal lain yang bermanfaat dalam pengajaran bahasa Inggris. Ia mengatakan bahwa berbagi merupakan hal yang penting bagi perkembangan website ini. Semakin banyak pengajar yang berbagi, maka semakin baik dan berkembanglah website teach-this.com.

Selanjutnya ketika menelusuri website tersebut, saya menemukan beberapa menu pilihan pada halaman awalnya. Yang pertama adalah menu Home untuk berkunjung ke halaman awal teach-this.com. Berikutnya adalah Resources. Link ini menuju ke halaman materi dan bahan ajar, seperti; tenses, conversation, pronoun, dan lain-lain. Menu ketiga adalah Games. Disini kia bisa menemukan bebagai macam games yang bisa dimainkan dalam kelas, seperti;  brainstorming games, grammar games, listening games dan sebagainya. Menu selanjutnya adalah Ideas. Pada menu ini pengunjung bisa mengakses ide-ide yang dapat diterapkan dalam kelas, seperti; classroom management, cultural awareness, monitoring students dan lain-lain. Menu terakhir adalah Submit. Pada menu ini kita bisa berbagi ide dengan cara mengisi formulir yang disediakan.

Allright, brothers and sisters. Demikianlah informasi tentang sumber dan bahan ajar bahasa Inggris. Mudah-mudahan berguna bagi kita semua. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya. :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan komentar